Penemu Jaringan Internet Pertama Kali

on Selasa, 01 November 2011



Abad 20 identik sekali dengan semaraknya perkembangan komputer terutama dunia maya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Internet. Saat ini internet sudah merasuki hidup manusia. Mencari informasi, mendapatkan berita terbaru, berkomunikasi dengan teman-teman lama maupun baru, update pekerjaan dan lain-lain semua terasa lebih mudah. Semuanya ini tidak terlepas dari hasil kerja brilian dari Tim Berners Lee . Seorang ilmuwan komputer yang menemukan dan mengembangkan jaringan internet atau World Wide Web (www).

Lalu apa bedanya dengan internet? Internet adalah jaringan komputer sedunia yang dibentuk dan dikembangkan pertama kali oleh Departemen Riset Pertahanan AS. Sementara itu, WWW adalah media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa, sekaligus tempat menaruh company profile perusahaan atau data pribadi.

Jika internet merupakan jalan raya tempat terjadinya arus lalu lintas data, maka www sebagai browser-nya . Istilah bekennya “Browser” memudahkan pengguna internet melakukan surfing dan menampilkan data yang diinginkan.

Lee adalah penulis program browser pertama dan server WWW pertama di dunia. Contoh browser internet yang umum dipakai adalah Firefox, Opera, IE dan Safari. Selain itu ia juga menulis software yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Kesemuanya itu adalah bahasa pemrograman yang digunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs dan protokol bagaimana situs-situs dapat ditemukan di internet dan berkomunikasi satu sama lainnya.

Awal sejarah penemuan WWW ini berawal ketika Lee bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel milik Eropa di tahun 1980. Saat itu ia hanya bekerja sementara selama 6 bulan sebagai perekayasa piranti lunak (software engineer). Mengingat CERN merupakan institusi multi-nasional, Lee ingin membuat terobosan baru tentang suatu software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang dia miliki dan para periset lainnya. Dengan demikian mereka dapat bekerja dengan lebih efisien. Akhirnya buah hasil itu dinamakan Enquire, kependekan dari Enquire Within Upon Everything, merupakan judul ensiklopedia yang dia ingat waktu masih kecil. Lantas ide super jenius ini dikembangkannya lagi di luar organisasi CERN.



Dalam benaknya terpikir mengapa hanya membatasi jaringan ini dalam CERN saja? Bagaimana kalau para ilmuwan di tempat lain ingin berbagi informasi? Maka, sistem yang dia ciptakan akhirnya berkembang pesat sepesat perkembangan jaringan internet itu sendiri. Lee lantas menciptakan inovasinya sendiri yaitu browser-nya pada tahun 1991. Tetapi belum banyak orang yang menggunakan media WWW yang ditemukannya, sampai beberapa tahun kemudian seorang bernama Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih populer, Mosaic. Marc lantas mendirikan Netscape. Sejak saat itu pengguna internet dan WWW berkembang dengan sangat pesat. Kalau Marc menjadi miliuner dengan produkyang dibuatnya, Lee dengan visi beyondnya memutuskan untuk terjun di organisasi nirlaba dan tak banyak mengambil untung dari penemuan dan keahliannya.

Selama rentang tahun 1991 hingga 1993, Lee terus berupaya membuat web agar bisa tampil maksimal. Ia mulai membuat perancangan untuk halaman web sekaligus mengoordinir masukan dari para pengguna internet. Ia juga tercatat sebagai orang pertamayang membuat browser , server, dan kunci protocol untuk internet. Hasil karyanya dalam membuat alamat URL, penggunaan HTTP, dan pengodean HTML terbukti berhasil dan menjadi kemajuan besar dalam perkembangan teknologi web.

Kerja kerasnya tersebut berbuah manis, akhirnya Lee dianugerahi Millennium Techology Prize di Helsinki, Finlandia, 15 Juni 2007. Gelaran penganugerahan yang baru kali pertama diadakan itu juga memberikan hadiah sebesar US$ 1,2 juta (sekitar Rp 10,4 miliar) kepada Lee. Mendapat award besar itu, Lee mengomentari secara bersahaja, ”Banyak orang terlibat dalam perkembangan web. Saya hanya mengumpulkan gagasan dan mengemasnya.”

Atas jasanya ini juga, Berners Lee mendapat kehormatan sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di abad ini versi majalah TIME.

Kini Lee menjabat Direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang berkantor di Massachussets Institute of Technology. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400-an anggota dengan staf sekira 40 orang yang tersebar di seluruh dunia. Tujuan organisasi ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan lintas platform, menetapkan spesifikasi, aturan-aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat-alat lainnyayang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, World Wide Web.

Anggota-anggotanya terdiri dari Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan banyak lagi. Mereka bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengeksploitasi WWW agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang, yang berarti juga membagi ilmu pengetahuan bagi sesama.

sumber : http://istanaindonesia.blogspot.com/ 

Join'z Vickyz | Jombang Community
Terima Kasih sudah berkunjung di Blog saya
Please Klik Tombol Suka/Like Di Atas Ini,Thanks



{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Next previous home
cbox